Cerita ini terjadi pada bulan april 1883.;Sherlock holmes adalh seorang detektif terkenal, dia tinggal di sebuah apartement bersama temannya yang bernama Dr. Watson di jalan Barker, London

Pada pagi hari seorang wanita bernama Helen stoner dating menemui Holmes untuk meminta bantuan dan mencari tahu penyebab kematian saudara kembarnya yang bernama Julia.

Ayah Helen stoner adalah sorang tentara dia sudah meninggal ketika mereka masih bayi setelah kematian ayahnya ibunya menikah lagi dengan Dr.Roylott dia adalh seorang doctor, dahulu keluarga Dr.roylott adalah keluarga yang sangat kaya. Tapi kini mereka kehilangan semua hartanya. Dan dia hanya mempunyai sebuah rumah besar tua di stoke moran. Dan mereka semua tinggal di rumah tersebut.

Beberpa tahun kemudian ibunya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Dan sekarang mereka berdua di asuh oleh ayah tirinya. Sebelum ibunya meninggal ibunya dan dr.roylott membuat sebuah perjanjian tentang hartanya; perjanjian tersebut adalah ‘’jika ibunya meninggal maka dr.roylott akan menerima uang sebesar 1000 pound pertahun’’Dan ‘’jika Helen atau Julia menikah maka dr.roylott harus memberikan sebagian uangnya kepada anak tirinya’’.

Julia sudah berencana menikah tapi dia dia ditemukan tewas dua minggu sebelum pesta  pernikahannya. Setelah mendengar penjelasan dari Helen, ke esokan harinya Holmes mendatangi rumahnya di stoke moran.

Di kamar Julia, Holmes menemukan seutas tali yang menggantung di atas tempat tidur, tali itu seperti bell untuk memanggil pembantu tapi ketika di tarik tidak ada suara bell sedikitpun tiba-tiba mereka terkejut melihat lubang ventilasi terbuka. Ventilasi itu terhubung dengan kamar dr.roylott.

Pada malam hari dr.roylott meletakan ular berbisa peliharaannya di ventilasi tersebut dan ular itu akan masuk ke kamar di sebelahnya dimana anak tirinya tidur.

Dr.roylott mengincar harta anak tirinya jadi dia membunuh Julia dan berusaha membunuh Helen tapi kali ini rencananya bermasalah ular tersebut berbalik arah menggigi tuannya.