Ada dua kelompok vitamin dalam ikan yaitu larut dalam air dan larut dalam minyak. Vitamin yang larut dalam minyak yaitu vitamin A dan D ada dalam minyak ikan. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B yaitu vitamin B6,B12,Biotin dan Niasin. Kandungan vitgamin tersebut lebih banyak terdapat pada daging ikan yang berwarna gelap. Tak hanya vitamin ikan juga mengandung banyak mineral diantaranya magnesium (Mg), fosfor (p),iodiom (I), fluor (FI), zat besi, tembaga (CU),seng (Zn). Ikan laut banyak mengandung iodium yang berguna untuk mencegah penyakit gondok.

Selenium yang bekerja sama dengan vitamin E dalam tubuh kita berperan sebagai zat antioksidan. Selain itu selenium bersama vitamin E juga akan mempertahankan elastisitas jaringan tubuh. Bila tubuh kekurangan selenium maka akan terjadi penuaan dini.

Kandungan flour ikan dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi. Namun ikan bukan sumber kalsium yang baik kecuali kalau dimakan dengan tulangnya seperti ikan teri.

Ikan juga sumber omega 3 yang berperan dalam tumbuh kembang otak, selain juga melarutkan kandungan kolesterol yang tinggi di dalam darah. Jenis ikan yang merupakan sember omega 3 antara lain lemuru, tuna, cakalang, kembung , makarel dan salem.