PT Adhimix Precast Indonesia (API) adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang industri beton dan jasa konstruksi. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1986 yang awalnya adalah sebuah unit Premix di PT Adhi Karya (Persero), PT Adhimix Precast Indonesia pernah mengalami beberapa perubahan. Perubahan pertama terjadi pada tahun 1989 dengan diubahnya unit premix menjadi divisi non jasa konstruksi. Perubahan berikutnya terjadi pada tahun1994 dengan digantinya divisi non jasa konstruksi menjadi Unit Adhimix. Kemudian, di tahun 1998 Unit Adhimix kembali diubah menjadi Divisi Adhimix dan Precast.

Pada tahun 2002 PT Adhi Karya (persero) melakukan divestasi yang menyebabkan Divisi Adhimix dan Precast berubah menjadi anak perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki oleh karyawan dan yang sebagian masih dimiliki oleh PT Adhi Karya (persero). Pada tahun 2004 PT Adhimix Precast Indonesia resmi menjadi perusahaan swasta murni karena seluruh sahamnya telah dimiliki oleh karyawan dan manajemen API.

Selama perjalanannya sebagai perusahaan swasta, API telah membuktikan diri sebagai perusahaan yang berkembang sangat pesat. Hal tersebut terbukti setelah sebelumnya hanya bergerak di bidang penyediaan Readymix dan Precast saat ini telah melebarkan usahanya di bidang-bidang lainnya seperti konstruksi, peralatan, property serta niaga. API juga telah memiliki 6 anak perusahaan yaitu PT Aston Adhi Jaya, PT Mitra Abadi Karya Utama, PT Indosarana Jaya Perkasa, PT Encona Inti Industri dan PT Adhimix Pelayaran Internusa. Saat ini PT Adhimix Precast Indonesia berkantor pusat di Graha Anugerah Lt. 3 & 4 Jl. Raya Pasar Minggu No. 17 A, Pancoran, Jakarta Selatan.